lagunabeachcanow.com

lagunabeachcanow.com – Dinamika pasar smartphone global telah menyaksikan pergeseran penting, dengan Huawei yang secara mengejutkan mendominasi di pasar China, pasar smartphone terbesar di dunia. Data terbaru dari firma riset Counterpoint menunjukkan bahwa sistem operasi HarmonyOS milik Huawei telah berhasil mengungguli iOS milik Apple dalam hal pangsa pasar.

Analisis Data Pasar:

  • Pangsa Pasar HarmonyOS: Di kuartal pertama tahun 2024, HarmonyOS mencatatkan pertumbuhan signifikan dengan mencapai pangsa pasar sebesar 17% di China, meningkat dari 8% di periode yang sama tahun sebelumnya.
  • Pangsa Pasar iOS: Sebaliknya, iOS mengalami penurunan yang tajam, dengan pangsa pasar turun menjadi 16% pada kuartal pertama tahun 2024, dari 20% pada tahun sebelumnya.

Dominasi Android:

  • Sistem operasi Android masih mempertahankan posisi terdepan dengan menguasai 68% pangsa pasar. Kekuatan ini didukung oleh banyaknya produsen smartphone yang mengadopsi Android sebagai sistem operasi pilihan mereka.

Perubahan Strategi Huawei:

  • Sebelumnya menggunakan Android, Huawei terpaksa mengembangkan sistem operasi mereka sendiri, HarmonyOS, setelah dilarang menggunakan Android oleh pemerintah AS. Kebijakan ini tidak menurunkan semangat Huawei, malah memperkuat keberanian mereka dalam menghadapi tekanan.

Tren Pasar Signifikan:

  • Penurunan pangsa pasar iOS dan pertumbuhan eksponensial HarmonyOS menandai perubahan besar dalam industri smartphone. Ini adalah pertama kalinya sejak tahun 2019 pangsa pasar iOS mengalami penurunan pada kuartal pertama.

Pertumbuhan Global HarmonyOS:

  • Pertumbuhan HarmonyOS tidak hanya terbatas di China. Di panggung global, pangsa pasar HarmonyOS telah meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun menjadi 4%.

Rivalitas di Segmen Premium:

  • Laporan dari Counterpoint juga mengindikasikan bahwa dorongan di balik pertumbuhan HarmonyOS adalah peluncuran smartphone 5G oleh Huawei pada akhir tahun 2023, yang memposisikan mereka sebagai pesaing langsung Apple dalam memperebutkan pasar premium di China.

Pangsa Pasar Global Lainnya:

  • Sementara itu, pangsa pasar global untuk Android mengalami penurunan tipis dari 78% menjadi 77%, dan pangsa pasar iOS juga turun dari 20% menjadi 19%.

Perubahan ini mencerminkan dinamika kompetitif yang berkelanjutan dalam industri smartphone, dengan Huawei menunjukkan ketahanan dan inovasi meskipun dihadapkan pada tantangan geopolitik yang signifikan.

By admin